23 Januari 2015

Perbedaan Virus, Malware, Spyware, Trojan, Dan Worm

- Pada potensi kali ini, aku akan membahas wacana Pеrbеdааn Vіruѕ, Trojan, Malware, Spyware, dan Worm. Banyak pengguna komputer di dunia ini yang menyimpulkan bahwa Spyware, Trojan, Malware, dan Worm itu sama seperti Virus. Padahal asumsi itu salah. Memang, bug atau hama tersebut merupakan parasit bagi Komputer. Untuk menangani serangan hama yang parasit tersebut, maka gunakanlah Anti Virus yang ter-update. Hama parasit tersebut bisa menimbulkan hilangnya File pada komputer kita. Bahkan data-data membisu-membisu yang ada pada komputer kita bisa dikenali oleh si pembuat Hama tersebut.

Hama tersebut datang di komputer kita lazimnya melalui aktifitasi Online, Flashdisk atau Rеmоvаblе Dіѕk lainnya, Program-program crack atau keygen, dan lain sebagainya.

Untuk mengenali Perbedaan dari Virus, Malware, Spyware, Trojan, dan Worm, simak ukiran pena saya yang amburadul dibawah ini

1. Vіruѕ
Yang dimaksud virus dipostingan kali ini bukanlah virus insan mirip virus Ebola, melainkan Virus pada Komputer. Virus komputer yakni Malware yang menginfeksi suatu komputer dengan santunan pihak ketiga untuk mengaktifkan/melakukan dirinya  .Biasanya pemilik komputer itu sendiri yang menjalankannya. Virus tidak dapat otomatis mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi suatu komputer tetapi mesti ada langkah-langkah dari pihak ketiga adalah pengguna komputer. Biasanya virus dibikin seperti acara lain yang sering dipakai oleh pemilik komputer sehingga pemilik komputer itu mau mengaktifkan virus tersebut. Beberapa acara komputer yang sering ditiru oleh virus ialah jadwal .JPG, .Doc, Exe atau folder yang yang kalau diklik akan mengaktifkan si virus.

2. Mаlwаrе (Mаlісіоuѕ Sоftwаrе)
Malware yakni suatu software atau arahan yang diciptakan oleh seseorang dengan tujuan jahat. Sebenarnya Malware itu yakni suatu software atau program komputer, namun Malware dibuat dengan tujuan untuk merugikan orang lain. Malware mampu mengganti data (meniadakan, menyembunyikan, dan mencuri), menghabiskan bandwith dan juga sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer yang pastinya akan merugikan orang lain.

3. Sруwаrе
Spyware yakni jadwal komputer yang dibentuk untuk memata-matai komputer korbannya. Awalnya spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan penggunaannya dalam memperlihatkan iklan yang tepat dengan minat pengguna komputer tersebut.


4. Trоjаn
Trojan merupakan acara terbuat ibarat acara baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang saat diinstal ke dalam komputer bisa memata-matai, mencuri data, dan mengantarkan ketukan keyboard ke alamat yang telah diputuskan oleh pembuatnya tanpa dimengerti oleh si pengguna komuter tersebut.

5. Wоrm
Worm ialah Malware yang mampu mengaktifkan dirinya sendiri tanpa adanya pinjaman dari pihak ketiga. Yang artinya, jikalau worm sudah berhasil masuk dalam suatu komputer atau jaringan komputer maka worm ini akan bisa berpindah ke komputer lain di dalam suatu jaringan secara otomatis tanpa dapat dicegah oleh pemilik komputer lain yang ada di dalam jaringan tersebut. Worm lazimnya meningkat melalui celah keselamatan ( vulnerability )

Saran dari saya, untuk menyingkir dari Hama-hama Parasit tersebut, jangan gunakan Software Bajakan atau Crack, dan gunakanlah Software Original. Jika anda tidak mampu berbelanja yang Original, maka gunakanlah alternatif lainnya yang berlisense Frееwаrе atau Oреn Sоurсе.

Selama ini, aku ngeblog menggunakan Sistem Operasi Open Source, yakni Ubuntu.

Sekian dan Terima Kasih salam httр://оntірѕtесh.blоgѕроt.соm/

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon